Rabu, 06 April 2016

DUNIA BONSAI



Kehidupan ini mesti kita jalani ibarat air mengalir, namun harus dipahami bahwa tidak semua hal yang kita temui akan semulus aliran air tesebut. Kadang butuh pengorbanan dan keberanian untuk menerobos bebatuan cadas yang siap menghadang didepan. Tetapi itulah hidup yang semestinya yang harus ditempuh. Sebagai makhluk social, kita perlu dan butuh orang lain dalam kehidupan. Saling berbagi dan saling menolong menggambarkan kehidupan yang sempurna antara sesama manusia penghuni bumi ini. Kehidupan itu bebas namun, ada tatanan dan norma yang harus dan mesti dijadikan pijakan agar kita saling menghormati satu dengan yang lain.
Norma dan aturan yang dibuat semestinya dijalankan oleh tiap insan yang menghuni bumi ini agar tercipta suatu keharmonisan yang sempurna sebagai akibat dari interaksi antar segenap penghuni bumi, sebab saling menghargai dalam perbedaan merupakan anugerah terindah yang dikaruniakan oleh Sang Pencipta.
Ketika kita lahir ke dunia ini, kita diasuh dan dibesarkan oleh orang tua kita dengan maksud agar kehidupan kita kelak akan menjadi lebih baik. Segala aturan dan norma yang berlaku di masyarakat kita pelajari semuanya lewat lembaga pendidikan, keluarga dan lingkungan sekitar.
Akan tetapi tidak semua berjalan sebagaimana mestinya. Selalu saja ada pembiasan terhadap norma-norma dan aturan yang berlaku. Kejadian seperti inilah yang mengakibatkan terjadinya ketidakseimbangan dalam kehidupan. Tidak berjalannya norma dan tatanan yang berlaku mengakibatkan timbul penyelewengan dan kejahatan dimana-mana.
Hidup harus kita jalani seperti sebuah pohon dengan tujuan konservasi atau pohon untuk tujuan sumber benih. Pohon akan kita pelihara dan rawat sejak dari seleksi bibit, pesemaian hingga dipindahkan kelapangan. Kita merawatnya mengikuti prosedur hingga pohon tersebut dewasa dan menghasilkan apa yang kita inginkan.
Dan janganlah kita menjalani hidup ini seperti tanaman bonsai. Tanaman kita pelihara dengan baik, tetapi setelah besar dikerdilkan demi untuk memuaskan hasrat dan keinginan kita sendiri.

Hendaklah masing-masing individu belajar untuk menghargai satu dengan yang lainnya, agar tercipta keharmonisan yang sempurna walaupun kita diciptakan berbeda, akan tetapi keberanekaragaman itulah yang membuat kita kaya akan budaya serta membuat kehidupan ini jauh lebih indah…….. Indah karena saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERMEN LHK YANG SUDAH TIDAK BERLAKU

 PERATURAN MENTERI KEHUTANAN DAN LINGKUNGAN HIDUP YANG DI HAPUS PASCA BERLAKUNYA UU CIPTA KERJA 1. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan ...